Mengenal 15 Penyakit Ikan Koi dan Cirinya

KALILAN.id – Ikan Koi bisa terserang berbagai penyakit. Setiap penyakit memiliki ciri sendiri sehingga perlu penanganan tersendiri untuk tiap penyakit yang menjangkitnya.

Beberapa penyakit bisa disembuhkan dengan obat dan ada pula penyakit ikan Koi yang harus ditangani dengan cara khusus.

Berikut 14 penyakit ikan Koi yang perlu diketahui

1. Ichthyophthirius Multifiliis (ICH)

Ichthyophthirius Multifiliis atau sering disebut Ich adalah penyakit dimana tumbuhnya protozoa di kolam dan melekat pada insang ikan dengan bentuk seperti butir garam berwarna putih. Penyakit Ich tidak bisa disepelekan karena dapat membunuh ikan Koi kecil dan hidup jadi parasit.

Bakteri Ich yang sudah matang kemudian akan masuk dan menggerogoti tubuh ikan Koi selama kurang lebih 3 minggu. Setelah waktu itu, mereka akan kembali ke dasar kolam untuk kembali berproduksi.

2. Dropsy

Dropsy atau penyakit pinecone adalah sejenis penyakit ikan Koi yang diakibatkan dari infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan perut yang bengkak dan sisik yang menonjol. Sering kali juga memengaruhi mata ikan Koi yang akan tampak menonjol daripada biasanya.

3. Ekor Busuk

Ya, ekor ikan Koi bisa mengalami pembusukan karena beberapa alasan. Misalnya saja karena tekanan atau kualitas air yang buruk. Jika didiamkan, ekor yang busuk bisa menyebabkan kerusakan fisik pada Koi.

4. Mulut Busuk

Pembusukan bisa terjadi pada mulut ikan Koi karena kualitas air yang buruk dan menjadikan infeksi pada mulut ikan.

5. Chilodonella

Chilodonella adalah penyakit yang menyebabkan kulit menjadi buram, adanya masalah dengan pernapasan, dan penutup insang akan terbuka. Jika sudah parah, akan muncul lendir pada ikan. Penyakit yang terkenal paling jahat pada ikan ini muncul karena adanya protozoa. Protozoa yang muncul terbagi menjadi tiga, yaitu Celiates, Flagellates dan Sporozoa.

6. Bakteri Aeromonas

Bakteri Aeromonas menyebabkan borok dan erosi pada sirip ikan koi. Penangananan penyakit ini harus dilakukan sebaik mungkin.

7. Columnaris

Saat ikan Koi mengalami cedera, jangan anggap enteng karena itu bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi. Ada bakteri columnaris yang akan menyerang tepat pada bagian cedera dan menyebabkan sirip, ekor, mulut jadi busuk. Selain itu, bakteri columnaris juga rentan menyerang ikan Koi yang stress.

8. Cacing Jangkar (Lernea)

Cacing jangkar adalah parasit krustasea yang menempel, dan menggali ke dalam kulit ikan. Cacing merusak ikan Koi dengan cara memakan jaringannya dan menyebabkan bakteri atau jamur pada ikan. Biasanya, ikan yang terkena lernea ini akan muncul benjolan seperti jerawat putih, ikan tampak lesu dan sering berkedip.

9. Kutu Ikan

Penyakit ikan Koi yang wajib diwaspadai adalah kutu ikan. Kutu ikan ini akan menyebabkan iritasi dan infkesi. Parasit yang menghisap ikan ini dikenal dengan nama Argulus. Sering berkedip dan tampak menggaruk-garuk pada badannya adalah salah satu tanda bahwa pada tubuh ikan terdapat sesuatu yang salah.

10. Jamur

Jika tiba-tiba muncul berwarna putih seperti kapas atau hijau pada tubuh Koi, ini tanda bahwa jamur sedang menyerang. Walau tidak menular ke ikan lain, ikan yang terkena jamur perlu segera mendapatkan pertolongan.

Jika didiamkan, sering kali malah muncul benjol putih, coklat, kuning atau hijau yang tidak rata pada sirip ikan.

11. Lymphocystis

Penyakit yang menyerang kulit ikan Koi yaitu disebut Lymphocystis. Penyakit ini menyebabkan perubahan warna dan tampak lebih kasar dan sering kali terkelupas. Hal ini bisa terjadi karena perubahan suhu dalam air.

12. Epistylis

Akan tampak seperti borok atau luka pada kulit ikan dan sirip ikan Koi jika terkena Epistylis. Biasanya luka akan berwarna putih dan disebabkan oleh air dalam kolam yang kotor dan sudah terkena parasit.

13. Skinny Disease

Jika Anda merasa tiba-tiba ikan tampak kurus dengan kepala yang lebih menonjol, mungkin bukan karena kurang pakan, melainkan terkena Skinny Disease. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

14. Oodinium Parasites

Penyakit ini disebabkan karena parasite dan disebut sebagai penyakit beludru karena tampak seperti beludru warna emas yang menutupi ikan. Kemudian, penyakit ikan Koi satu ini akan menimbulkan gejala seperti sirip yang terpotong-potong dan hilangnya sisik pada ikan.

15. Costia

Costia adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Ikan koi yang terkena costia akan tampak lesu dan berenang di sekitar pinggiran kolam untuk berusaha menggosok-gosok badannya seolah membersihkan diri dari sesuatu.

Kulit ikan koi juga berubah menjadi keputihan atau keabu-abuan pada tubuh Koi yang terinfeksi dan sirip yang menjadi memerah. Penyakit ini juga dapat menyerang insang.

Share :