Arowana Cup Jakarta – The Biggest One Stop Arowana Event

KALIKAN.id – Arowana Cup Jakarta – The Biggest One Stop Arowana Event yang digelar pada 15-16 Juli 2022 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, diharapkan mampu jadi stimulus minat masyarakat untuk dapat meningkatkan dan mendorong geliat perekonomian, khususnya di sektor ikan hias Arwana baik pasar lokal maupun ekspor.

Bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta City Market dan Faith Arowana, menampilkan beragam keindahan ikan hias Arwana yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk memperebutkan piala bergilir Gubernur DKI Jakarta.

Lebih dari 135 peserta yang mengikuti kontes ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kontes sendiri terbagi menjadi beberapa kelas S, M, L, King dan Short Body (SB) serta Unique dengan ukuran dari 20 cm hingga 55 cm. 

Selain keindahannya, ikan Arwana memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan.

Salah satu spesies ikan Arwana primadona adalah Super Red. Arwana Super Red yang memiliki warna merah pekat dan bentuk tubuh yang khas, Arwana Super Red jadi spesies ikan hias ekspor andalan Kalimantan Barat.

Dikatakan Fransiskus Dian, Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang sempat menyaksikan barisan Arwana di Lippo Mall Kemang mengatakan, ikan Arwana memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan tapi juga memiliki tantangan besar dalam pengelolaan dan pelestariannya.

Menurutnya, spesies ikan Arwana Super Red itu satu-satunya spesies ikan hias ekspor andalan Kalimantan Barat.

“Ikan itu menjadi kebanggaan kami masyarakat Kapuas Hulu,” ucapnya seperti dikutip Antara (15/7).

Ia juga menegaskan bahwa Arwana Super Red berasal dari Kapuas Hulu memiliki nilai jual cukup tinggi hingga ke manca negara. Karena itu, ia pun mengajak masyarakat untuk melestarikan Arwana.

Disampaikan Fransiskus, ikan Arwana dikenal masyarakat Kapuas Hulu dengan sebutan ikan Siluk dan salah satunya yang terkenal yaitu arwana Super Red. Spesies ini jadi andalan ekspor yang harganya mencapai ratusan juta di pasar internasional. 

Share :