Dorong Pelaku UMKM Perluas Jangkauan Pasar, KKP Gemakan Go Digital, Go Global!

Liputan6.com, Jakarta Kemudahan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya secara global terus diupayakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). KKP membuat terobosan dalam memperluas jaringan pasar produk UMKM dengan menggandeng perbankan dan e-commerce multinasional.

“Kami terus mendorong peningkatan ekspor sekaligus peningkatan konsumsi ikan nasional melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI,” terang Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti melalui keterangan pers, Jumat (24/6/2022).

Saat membuka webinar BNI Xpora bertajuk “Mengedepankan Keberagaman Produk Unggulan Kelautan Indonesia Menjelajahi Dominasi Pasar Global”, Artati mengungkapkan Gernas BBI merupakan langkah pemerintah agar UMKM bisa dengan mudah masuk ke platform digital dan marketplace. Dalam program tersebut, KKP melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM dalam kegiatan produksi, manajemen usaha, promosi dan pemasaran.

Tak hanya itu, terdapat pula fasilitasi promosi dan pemasaran produk UMKM unggulan melalui website, medsos, e-commercemarketplace, serta di ruang terbuka publik. Kemudian pembinaan dan pendampingan UMKM unggulan siap ekspor dan melaksanakan kampanye Gernas BBI Kalimantan Selatan.

“Tentu saja, langkah ini memerlukan dukungan Kementerian atau Lembaga serta pihak swasta dan BUMN,” ujar Artati.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut keberadaan UMKM telah terbukti mendukung ketahanan perekonomian negara di tengah kondisi pandemi. Untuk itu, harus terus diupayakan peningkatan bukan hanya dari sisi kuantitas, namun dari segi kualitas produk perikanan yang dihasilkan guna mendongkrak kinerja ekspor.

Share :