Ikan Konsumsi Yang Jadi Primadona Aquarium

Ikan gabus dikenal sebagai ikan konsumsi yang baik karena kaya akan kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Selain dikenal akan kandungan protein tertinggi, ikan ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang juga penting untuk kesehatan tubuh.

Antara lain, vitamin a, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, seng, tembaga, kalium, natrium, zat besi, fosfor, kalsium, dan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Albumin, sebagai salah satu jenisĀ  protein penting yang sangat diperlukan tubuh, menjadi kekayaan nutrisi yang juga terkandung pada ikan ini.

Membantu mengatasi masalah diabetes, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan memperbaiki kondisi gizi buruk, adalah beberapa peran penting Albumin bagi tubuh kita.

Beberapa tahun belakangan ini, selain menjadi ikan konsumsi, ikan gabus juga digemari oleh para pecinta ikan hias air tawar.

Bahkan, menjadi salah satu ikan hias air tawar dengan harga yang fantastis. Di kalangan itu, ikan gabus sering dikenal dengan nama Ikan Channa.

Ikan ini digemari karena keindahan warna tubuhnya. Keanekaragaman corak dan warna tubuh ikan channa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya.

Channa Dari Kalimantan

Channa Maruliodes atau dikenal juga dengan sebutan Channa Maru memiliki keindahan corak oranye dan kuning yang khas. Panjang tubuh ikan ini dapat tumbuh maksimal hingga 65 cm.

Di Indonesia, Channa Maru banyak ditemui di daerah Kalimantan Barat. Jenis ini dapat diadopsi dengan harga yang cukup terjangkau bagi pemula. Untuk anakan Channa Maru dihargari di kisaran Rp 100 – Rp 200 ribu.

Channa Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Berbeda dengan Channa Maru, Channa Barca menjadi jenis Channa terlangka dan paling banyak diminati. Ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis karena bisa menembus angka Rp 25 juta hingga ratusan juta rupiah.

Selain karena kelangkaannya, jenis ini juga banyak diburu oleh para sultan untuk diadu kecantikannya di arena kontes.

Channa Terbesar

Jenis ikan gabus ini memiliki nama latin Cahnna Micropeltes. Ukuran tubuhnya dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter.

Di Indonesia, Channa Micropeltes dikenal dengan sebutan Ikan Toman. Jenis ikan gabus terbesar ini banyak ditemui di Indonesia bagian barat, khususnya di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan pulau-pulau sekitarnya.

Meski lebih populer sebagai ikan konsumsi, beberapa pecinta ikan hias juga memelihara ikan ini saat ukurannya masih kecil.

Yang unik dari Toman adalah, memiliki kebiasaan berenang di sekitar anak-anak mereka untuk menjaga dari serangan predator lain.

Ikan Toman juga termasuk golongan ikan predator karena biasa memangsa ikan lain berukuran kecil, serangga bahkan katak.

Channa Dari India

Selain memiliki nama latin yang cantik, yaitu Channa Aurantimaculata, Channa Auranti ini juga memiliki corak yang tidak kalah cantik. Salah satu jenis Channa yang banyak digemari ini berasal dari sungai di India, seperti Channa Barca.

Channa Argus

Ikan gabus ini banyak tersebar di sungai Tiongkok, beberapa di semenanjung Korea, dan beberapa di wilayah Rusia. Channa Argus pernah menjadi fenomenal. Karena kemampuan invasi dan bertahan hidupnya yang sangat baik, jenis ini adalah salah satu jenis yang mendapat larangan import oleh beberapa negara, antara lain Indonesia.

Share :